Tugas Pelatihan dan Pengembangan Perbandingan Karir Raisa dan Isyana

PERBANDINGAN KARIR RAISA ANDRIANA DAN ISYANA SARASVATI



1. Raisa

Raisa Andriana atau yang lebih akrab dipanggil Raisa, lahir di Jakarta, 6 Juni 1990. Sejak kecil, perempuan yang kerap dipanggil Yaya tersebut sudah mencintai dunia musik.Bahkan di usia 3 tahun Raisa sering tampil berpura-pura seperti penyanyi sungguhan di atas panggung.
Ia memulai debut kariernya di tahun 2010, dengan single berjudul 'Serba Salah'. Sejak saat itu, namanya mulai dikenal oleh publik.
Sebelum memutuskan untuk bernyanyi solo, Raisa merupakan vokalis dari band bentukan Kevin Aprilio, yaitu Andante.
Perempuan berusia 26 tahun ini banyak terinspirasi dari musisi-musisi ternama Amerika Serikat, seperti Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone.
Tak perlu waktu lama bagi Raisa untuk mendapatkan banjir penghargaan. Pada tahun 2012 ia berhasil memenangkan kategori Pendatang Baru Terbaik di ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards).
Ia juga meraih penghargaan di kategori Female Singer of the Year, Song of the Year, dan Album of the Year pada penghargaan Indonesian Choice Awards 2014.
Selain itu di ajang Anugerah Planet Muzik 2015, Raisa berhasil membawa pulang piala sebagai Best Artist (Female). Tahun 2016, Raisa dengan album Handmade-nya berhasil memboyong 7 piala AMI Awards 2016 di berbagai kategori, seperti Artis Solo Wanita Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Album Best of Best, dan Karya Produksi Best of the Best.
Di tahun yang sama, ia juga merampungkan tur bertajuk 'Handmade Tour' yang diadakan di 5 kota di Indonesia.
Hingga saat ini, Raisa telah merilis tiga buat album, diantaranya adalah Raisa (2011), Heart to Heart (2013), dan Handmade (2016).


2. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati merupakan penyanyi cantik kelahiran Bandung, 2 Mei 1993. Ia terlahir dari keluarga pendidik. Pelantun 'Tetap dalam Jiwa' ini memiliki cita-cita sebagai seorang komposer sekaligus menjadi konduktor orkestra sejak dirinya masih kecil.
Tak hanya mahir bernyanyi, ia juga piawai memainkan sejumlah instrumen musik, antara lain piano, electone, flute, dan saxophone.
Sejumlah prestasi pun diraih oleh adik dari Rara Sekar, mantan vokalis Banda Neira, antara lain 3 kali juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival (2005, 2008, dan 2011).
Penampilan yang cemerlang juga membuatnya terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia, yang tampil di Yamaha Electone Concours (YEC) 2012 di Tokyo, Jepang.
Kemampuannya di dunia musik juga didukung dengan pendidikan musik yang ditempuhnya. Isyana lulus dengan predikat Cumlaude (first class) sebagai Bachelor of Music (Honours) dari Royal College of Music (RCM) London, serta memperoleh Best Graduate Award 2015 dari Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA Singapore), dan juga Award dari Embassy of Peru.
Isyana memulai debutnya di Tanah Air pada tahun 2015, dengan beberapa single yang langsung meledak di pasaran, antara lain adalah 'Keep Being You', 'Tetap dalam Jiwa', 'Kau Adalah', dan 'Mimpi'.
Dari beberapa single yang diluncurkannya tersebut, Isyana pun langsung memperoleh berbagai penghargaan pula di Indonesia, seperti Penyanyi Pendatang Baru Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2015 dan Album of the Year 'Explore' di Indonesian Choice Awards 2016.
Kini, di tahun 2017, tepatnya pada 30 Maret lalu Isyana dan Raisa merilis single kolaborasi mereka yang berjudul 'Anganku Anganmu'
Sebuah bentuk kolaborasi yang berhasil menyatukan kedua kubu #teamRaisa dan #teamIsyana.


PERJALANAN KARIR RAISA DAN ISYANA

·        1990, Raisa Andriana lahir di Jakarta pada 6 Juni
·        1993, Isyana Sarasvati lahir di Jakarta pada 2 Mei
·        2008, Raisa menjadi vokalis Andante bentukan Kevin Aprillio
·        2008,2009,2010 Isyana menjadi juara Grand Prix Asia Pacific Electone Festival
·        2010, Raisa merilis single solo pertamanya “ Serba Salah “
·        2011, Raisa menjadi salah satu bintang pengisi acara java jazz festival
·        2011, Raisa meriis album pertamanya berjudul “Raisa” oleh Solid Records dan Universal Music Indonesia
·        2012,Raisa menerima penghargaan anugrah musik indonesia sebagai pendatang baru terbaik
·        2012, Raisa menerima penghargaan anugrah planet music sebagai best new female artist
·        2012, Isyana terpilih menjadi salah satu dari 15 composer electone dunia yang tampil di Yamaha Electone Councors Tokyo Jepang
·        2012, Isyana meraih juara 1, 6th Tan Ngiang Ann, Memorial Vocal Competition Singapore
·        2013, Raisa merilis album Heart To Heart dan mengadakan konser Showcase Pertama
·        2013, Isyana menjadi juara 1 kategori Profesional, Kompetisi Vocal Nasional Tambang Puitik Ananda Sukarlan, Indonesia
·        2013, Isyana meraih Gold Certificate 5th Bangkok Opera Foundation Singing Competition Bangkok Thailand
·        2014, Raisa menjadi juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol
·        2014, Isyana merilis single pertamanya keep being you
·        2015, Raisa digandeng Disney pada februari untuk menyanyikan soundtrack film cinderella yang berjudul a dream is a wish you heart makes
·        2015, Raisa menggelar konser solo pertamanya di istora senayan
·        2015, Isyana merilis album pertamanya explore
·        2015, Isyana meraih penghargaan pendatang baru terbak di Ami Awards
·        2016, Raisa menjadi pemeran utama di film terjebak nostalgia
·        2016, Raisa merilis album ketiganya handmade dan meraih 7 piala ami awards
·        2016, Isyana terpilih sebagai female single of the year dan album of the year versi net
·        2017 raisa dan isyana merilis single duet anganku anganmu

Kesimpulan
     Jadi kelihatan disini raisa harus bersusah payah untuk mencapai karirnya seperti saat ini dan butuh waktu yang lama untuk mencapainya, karna raisa hanya belajar otodidak tanpa pelatihan dan pengembangan serta penghargaan yang raisa dapat hanya dari Indonesia saja. Sedangkan Isyana yang mengikuti pengembangan dan pelatihan tidak terlalu bersusah payah dalam mencapai karirnya seperti saat ini dan membutuhkan waktu yang sebentar untuk mencapainya,serta dia banyak mendapat penghargaan dari luar Indonesia



Previous
Next Post »